Jumat, 07 Februari 2014

Jika Anak Anda Pelaku Cyberbullying, Lakukan Hal Berikut

Ilustrasi/Reuters
Mempunyai anak korban cyberbullying tentu tidaklah ringan.

Namun, perkaranya juga sama memusingkan jika anak Anda justru menjadi biang keonaran dan pelaku pem-bully-an terhadap teman-temannya di sekolah, di rumah, atau di lingkungan tempat aktivitas anak lainnya.

Laman kidshealth.org menyarankan sejumlah cara berikut untuk mengatasi kebiasaan buruk anak Anda:
  • Bertindaklah setahap demi setahap untuk mengurangi kebiasaan buruk anak Anda
  • Jelaskan kepada anak bahwa candaan atau guyonan memang tidak berbahaya, tapi bisa menyebabkan orang lain terluka dan bisa menyebabkan hal yang serius di lingkungan rumah, sekolah, ataupun masyarakat.
  • Jika setelah diingatkan, anak tetap menjalankan kebiasaan sebagai pem-bully, gunakan perangkat lunak penjejak atau penyaring pesan di computer
  • Bila perlu, tegakkan larangan penggunaan komputer dan ponsel
  • Jika kebiasaan buruk masih berlanjut, bawa anak Anda mengikuti konseling.
Sementara menurut situs www.stopbullying.gov, hal-hal yang tergolong cyberbullying adalah pesan singkat atau sms di ponsel, email, gosip yang disebarkan melalui email atau diunggah di situs jejaring sosial.

Cyberbullying juga bisa berupa gambar, video, website, juga profil palsu yang mengolok-olok korban.

Orang tua dan anak bisa bersama-sama mencegah terjadinya cyberbullying dengan bersama-sama menggali cara sehat memanfaatkan teknologi.

Penting untuk diketahui bahwa:
  • Cyberbullying bisa terjadi selama 24 jam sehari, 7 hari seminggu dan bisa menjangkau anak yang sedang sendirian sekali pun. Serangan itu bisa datang siang maupun malam.
  • Pesan-pesan dan gambar bernada cyberbullying bisa dikirim secara anonim dan menyebar dengan sangat cepat ke publik yang sangat luas. Tak mudah untuk menelusuri sumber cyberbullying tersebut.
  • Juga bukan perkara mudah untuk menghapus pesan tak layak dalam bentuk teks atau gambar yang sudah disebarkan orang ke khalayak yang luas.(dipublikasikan di Kabar24.com, Sabtu, 04/01/2014 11:10 WIB )

Tidak ada komentar:

Posting Komentar